Thursday 5 September 2013

MOR (Mid Ocean Ridge)

MOR adalah rantai gugusan gunung api dibawah laut yg mengelilingi bumi, dimana kerak bumi baru terbentuk dari leleran magma dan letusan gunung berapi. panjangnya lebih dari 40.000 mil (60.000 km). MOR terbentuk oleh aktivitas tektonik lempeng yang bergerak secara divergen, sehingga kekosongan pada batas dua lempeng samudra yang terpisah diisi oleh magma/lava yang menghasilkan sebuah kerak baru.



struktur yang paling menonjol didasar samudra adalah "Punggungan Tengah Samudra" (MOR-Mid Ocean Ridge). punggung ini berupa tinggian yang memanjang didasar samudra dengan puncak dengan ada yg lebih dari 3000 meter diatas lantai samudra. dibagian tengah punggungan biasanya terdapat lembah yang aktif diisi oleh lelehan magma secara terus menerus. dibeberapa tempat/segmen, punggungan tengah samudra terlihat mengalami pergeseran (offset), disebabkan terpotong oleh penseseran yg terjadi. kemudian, yang disebut sebagai sesar alih/transform (transform fault). Benua-benua sekarang pernah bersatu dalam super kontinental pangea.

dengan demikian dasar samudra atlantik terbentuk sejak benua-benua tersebut membearai, pecah, dan terpisah. salah satu bentuk yang menunjukan bahwa dasar samudra dibentuk oleh kerak samudra yang relatif muda diperlihatkan oleh batuan sedimen yang tidak lebih tua dari 200 juta tahun. punggungan tengah samudra merupakan satu kawasan yang dibentuk oleh kerak bumi yang baru. dengan demikian dasar samudra secara terus-menerus berkembang dengan punggung tengah samudra sebagai tempat dan pusat naikna magma baru, yg kemudian mendingin dan membeku membentuk kerak benua yang baru.


No comments:

Post a Comment