Tuesday 1 December 2015

Pancasila



ASSALAMUALIKUM WR.WB

Sebelum kita mulai membahas tentang Pancasila ada baiknya kita membaca sila-sila Pancasila dulu biar lebih enak dan lebih mengenal pancasila.



PANCASILA
1.Ketuhanan yang maha esa

2.Kemanusiaan yang adil dan beradap


3.Persatuan Indonesia

4.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan


5.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia


 Nahhh,, sekarang sudah terasa lebih enak kan?? Ayo sekarang langsung ke materi saja.
Pancasila adalah ideologi atau dasar negara, pancasila berasal dari bahasa sanskerta yaitu: panca dan sila yang berarti lima aturan. Teman-teman, jadi pancasila merupakan pedoman bangsa Indonesia agar menjadi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan pandangan hidup dan tiang negara republik Indonesia, andaikan sebuah rumah jika tidak ada tiangnya pasti tidak bertahan lama dan cepat roboh begitupun Indonesia jika tidak ada pancasila pasti negara ini akan kacau misalnya tidak ada yang akan saling menghargai,terjadi perang antar agama,perang antar suku,DLL.

Pancasila juga sangat berhubungan erat dengan Undang-Undang Dasar tahun 1445, contohnya pada alinea ke 4. Maka pancasila memperoleh kedudukan sebagai norma dasar hukum positif. Pancasila juga mengandung asas-asas sosial,ekonomi,politik,religius,kultural.

Pancasila mempunyai nilai-nilai yang harus di sebar luaskan untuk diketahui bangsa Indonesia.Nilai-nilai yang dirumuskan dalam pancasila bukanlah pemikiran satu orang, melainkan hasil pemikiran dari tokoh-tokoh bangsa indonesia yang digali dari budaya bangsa Indonesia, pancasila mengandung nilai-nilai yang terbuka seperti nilai-nilai yang baru, baik datang dari dalam maupun dari luar negeri. 

Ada beberapa pendapat yang berkaitan tentang lahirnya pancasila, ini terbukti dari banyaknya gugatan tentang hari lahir pancasila yang sebenarnya pada masa setelah Reformasi Tahun 1998..Berikut beberapa pendapat tentang hari lahir Pancasila yaitu tanggal 1 juni1945, tanggal 22 juni 1945 dan tanggal 18 Agustus 1945. Tapi pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, hari lahir pancasila diperingati tanggal 1 Juni.

Berikut adalah arti dari sila-sila pancasila yang saya simpulkan,petik,dan ketahui dari mata kuliah pendidikan pancasila..
  1. Ketuhanan yang maha esa
            Sila ketuhanan yang maha esa berarti bahwa bangsa Indonesia menyatakan kepercayaan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan oleh karena itu bangsa Indonesia percaya dan taqwa terhadap tuhan yang maha esa  dan berhak menuntukan agamanya masing-masing.
  1. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradap
Kemanusiaan yang adil dan beradap sangat menjunjung tinggi nila-nilai kemanusiaan,suka melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan, dan berani membela kebenaran dan keadilan. Oleh karena itu muncullah sikap menghargai dan suka bekerja sama.
  1. Persatuan Indonesia
                        Dengan sila persatuan Indonesia, manusia Indonesia sangat harus menjunjung tinggi persatuan,kesatuan,serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara. Contohnya saling gotong royong dan saling membantu. Persatuan dan kesatuan Indonesia harus lebih kuat lagi jangan sampai negara lain mengambil milik-milik bangsa indonesia seperti pulau-pulau yang ada d perbatasan negara dan budaya-budaya yang ditinggal oleh nenek moyang kita.
4.      Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan
            Maksud dari sila ini adalah kita harus bermusyawarah dalam pengambilan keputusan bersama dan menghargai setiap hasil keputusan musyawarah, maka semua orang yang bersangkutan harus menerimanya dan melakukannya dengan niat yang baik,ikhlas, dan bertanggung jawab. Disila ini menegaskan bahwa kepentingan bersamalah yang diutamakan tanpa ada unsur politik dan golongan pribadi. Musyawarah juga harus dilakukan dengan akal sehat,niat yang baik, dan sesuai hati nurani. Keputusan yang diambil juga harus dipertanggung jawabkan didunia dan diakhirat.
  1. Keadilan Sosial Bagi Seuruh Rakyat Indonesia
Menjadi manusia yang adil, menyadari hak dan kewajiban yang sama untuk menciptakan keadilan sosial dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Sila kelima ini sangat mencerminkan bagaimana sikap kekeluargaan dan gotong rayong dalam bermasyarakat.Untuk itu kita harus bersikap adil terhadap sesama manusia dan menghormati hak-hak orang lain.

Sebelum Pancasila disahkanoleh BPUPKI sebagai Dasar Filsafat Negara Republik Indonesia secara yudiris Unsur – unsur Pancasila telah dimiliki oleh Bangsa Indonesia, telah melekat pada Bangsa Indonesia. Unsur –unsur tersebut berupa adat – istiadat,di dalam kebudayaan dalam arti luas dan di dalam agama –agama bangsa Indonesia.

Jadi pertama    :           bahwa unsur – unsur Pancasila sebelum disahkan menjadi Dasar Filsafat Negara sudah memiliki dan melekat pada bangsa Indonesia sebagai asas –asas dalam adat – istiadat dan kebudayaan dalam arti luas ( Pancasila adat – kebudayaan)
Kedua             :           unsur – unsur Pancasila sudah terdapat pada bangsa Indonesia sebagai asas – asas dalam agama – agama (Pancasila Religius).
Ketiga                         :           unsur – unsur tadi kemudian diolah, dirumuskan, dibahas, secara seksama dalam sidang – sidng BPUPKI dan setelah BangsaIndonesia Merdeka; calon rumusan Pancasila tersebut kemudian disahkan oleh PPKI dn terwujudlah Pancasila sebagai asas – asas kenegaraan (Pancasila Kenegaraan).

Oleh karena itu tiga hal tersebut (Tri Prkara) yaitu Pancasila adat – istiadat, Pancasila Religius dan Pancasila Kenegaraan tidak perlu di pertentangkan dan memang tidak mungkin dipertentangkan sebab ketiga hal merupakan unsur – unsur yang membentuk Pancasila.

 Diliht dari kedudukanny, Pancasila mempunyai kedudukan yang tinggi,yakni, sebagai Cita – cita dan Pandangan Hidup Bangsa dan Negara Republik Indonesia. Dilihat dari fungsinya, Pancasila mempunyai fungsi utama sebagai Dasar Negara Republik Indonesi. Demikianlah dapat dikatakan bahwa Pancasila itu dibuat dari materi atau bahan dalam negeri, bahan asli murni, dan merupakan kebanggaan bagi suatu bangsa yang berpatriotik.

Pengertian Pancasila yang bersifat sosiologis adalah di dalam fungsinya sebagai pengatur hidup kemasyarakatan pada umumnya, sedangkan pengertiannya yang bersifat ethis dan filosofis adalah di dalam fungsinya sebagai pengatur tingkah – laku pribadi dan cara –cara dalam mencari kebenaran.

Pancasila adalah merupakan sarana yang ampuh sekali untuk mempersatukan Bangsa Indonesia, hal ini sudah semestinya,karena Pancasila adalah filsafat Hidup dan Kepribadian Bangsa Indonesia yang mengandung nilai –nilai dan norma – norma yang oleh Bangsa Indonesia di yakini paling benar, paling adil,paling bijaksana, paling baik dan paling sesuai/tepat bagi Bangsa Indonesia sehingga dapat mempersatukan Bangsa Indoenesia
Pancasila sebagai  suatau Idiologi  tidak bersifat kaku dantertutup, namun bersifat terbuka. Hal ini dimaksudkan bahwa idiologi Pancasila bersifat aktual, dinamis, antisipatif dan senantiasa mampu menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Keterbukaan ideologi Pancaila bukan berarti mengubah nilai –nilai dasar Pancasila namun mengekspresikan wawasannya secara kong krit, sehingga memiliki Pancasila kemampuan yang lebih tajam untuk memecahkan masalah – masalah baru dan aktual.

Berdasarkan hakikat ideologi Pancasila yang bersifat terbuka memiliki tiga dimensi tersebut maka ideologi Pancasila tidak bersifat ‘utopis’ yang hanya merupakan sistem ide – ide belaka yang jauh dari kenyataan hidup sehari – hari. Selain itu ideologi Pancasila bukan merupakan doktrin belaka karena    doktrin hanya dimiliki pada ideologi yang hanya bersifat normatif dan tertutup, demikian pula ideologi Pancasila bukanlah merupakan ideologi pragmatis yang hanya menekankan segi praktis dan realistis belaka tanpa idealisme yang rasional. Maka ideologi Pancasila yang bersifat terbuka pada hakikatnya, nilai – nilai dasar (hakikat) sila – sila Pancasila yang bersifat tetap adapun penjabaran dan realisasinya senantiasa diekspresikan secara dinamis, terbuka dan senantiasa mengikuti perkmbangan jaman.

Jadi Teman-teman, Bapak-bapak, ibu-ibu, kakak-kakak, adik-adik ku yang tercinta “hehehe”, tujuan dari Pancasila adalah sebagai berikut:
1.      Agar bangsa indonesia menjadi bangsa yang religius yang taat kepada tuhannya masing-masing.
2.      Bangsa Indonesia harus menghargai Hak Asasi Manusia atau biasa disebut HAM
3.      Menjadi bangsa yang nasionalis yang mencintai tanah air Indonesia dan ikut menjaga Tanah air Indonesia juga.
4.      Menghendaki bangsa yang demokratis
5.      Dan menjadi bangsa yang adil secara sosial ekonomi

            Saran-saran saya adalah kita harus menghargai,mengamalkan,menjunjung tinggi pancasila 
yang telah di buat oleh para tokoh-tokoh Indonesia pada masa kemerdekaan karena jika kita tidak mengikuti dan mengamalkan maka negara ini akan kacau.
            Sekian dari saya jika ada kekurangan atau kesalahan mohon d maafkann dan jangan di simpan tapi jika ada kelebihan silahkan anda pikirkan dan lakukan jika menurut anda baik.. ohh iaa maaf bercandanya banyak karena biar ngetiknya tidak bosan.. hahahaha


selesai

No comments:

Post a Comment